Friday, June 7, 2013

Dibandingkan dengan pria wanita tampaknya memiliki bakat untuk memandang dengan seksama pada mata, hidung dan mulut seseorang meskipun mereka baru saja bertemu, Menurut peneliti sebuah studi baru menunjukkan kecenderungan itu bisa membuat wanita lebih mudah mengingat wajah.

Pria dan wanita yang direkrut untuk studi menunjukkan puluhan gambar wajah-wajah yang dipilih secara acak dengan nama terpasang dan diberitahu untuk mengingati masing-masing.

Untuk menguji mereka ingat, para peneliti, dari Kanada  Mcmaster University, menunjukkan peserta acak lain membunuh gambar wajah dan berkata kepada mereka untuk menunjukkan mana orang mereka telah melihat sebelumnya. Satu kelompok tersebut diuji lebih dari satu hari, sementara yang lain set peserta tersebut diuji lebih dari empat hari.  

Wanita di rentang percobaan satu hari mempunyai memori jauh lebih baik dari wajah-wajah mereka telah melihat dibandingkan dengan laki-laki, para peneliti berkata: Keunggulannya wanita lebih teliti selama empat hari percobaan.

Teknologi eye-tracking yang digunakan selama pengujian bisa menjelaskan perbedaan jenis kelamin. Wanita dalam penelitian difokuskan pada fitur wajah jauh lebih banyak daripada laki-laki dalam gambar yang disajikan kepada mereka, .para peneliti menemukan: 

"Cara bergerak mata kita ke wajah orang yang baru mempengaruhi kemampuan kita untuk mengenali orang kemudian," kata Peneliti studi Jennifer Heisz. "Kami menemukan bahwa wanita lebih memperhatikan pada wajah-wajah baru daripada pria, yang memungkinkan mereka untuk membua ingatan lebih banyak dan lebih unggu." Menurut Peneliti Studi.

"Hasil membuka kemungkinan bahwa perubahan pola pergerakan mata kita dapat menyebabkan memori yang lebih baik," kata Shore dalam sebuah pernyataan. "Peningkatan pemindaian mungkin terbukti menjadi strategi sederhana untuk meningkatkan memori wajah dalam populasi umum, terutama untuk orang dengan gangguan memori seperti orang dewasa yang lebih tua."

Penelitian ini dirinci secaraa online tanggal 21 Mei pada jurnal Psychological Science. Ini bukan yang pertama menemukan bahwa pria dan wanita dapat melihat dunia dalam cara yang sedikit berbeda.

Peneliti Menemukan, dalam satu studi rinci dalam jurnal Visi Penelitian tahun lalu, peneliti menemukan perbedaan jenis kelamin dalam cara orang fokus dalam percakapan. Pria cenderung terpaku pada mulut orang yang mereka ajak bicara dan terganggu oleh gerakan latar belakang, sedangkan wanita cenderung menggeser pandangan mereka antara mata dan tubuh pembicara dan lebih mungkin terganggu oleh orang lain memasuki TKP.

Dalam studi lain yang diterbitkan Penelitian Visi tahun lalu, para ilmuwan melihat bagaimana peserta mempelajari gambar objek yang berbeda, seperti daun, burung hantu, kupu-kupu, burung mengarungi, jamur, mobil, pesawat dan sepeda motor. Para peneliti menemukan bahwa pria lebih baik dalam mengidentifikasi gambar kendaraan yang sudah mereka pelajari, sedangkan wanita lebih baik dalam mengenali burung dan benda-benda lain dari alam. Penulis penelitian berspekulasi perbedaan ini mungkin tidak memiliki akarnya dalam biologi, namun mungkin timbul dari pria dan wanita sedang disosialisasikan dengan cara yang berbeda.  


0 comments:

Post a Comment

PPC Blogger

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!