Thursday, June 6, 2013

Apa itu Rasa Takut
Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

Keyakinan-keyakinan yang tidak rasional
Ketakutan adalah seperangkat keyakinan tidak rasional yang Anda miliki tentang obyek peristiwa atau tindakan Anda. Keyakinan mengendalikan apa yang Anda fokuskan dan perhatikan. Keyakinan juga mengontrol keputusan dan tindakan Anda. Sehingga akibatnya kehidupan Anda dikuasai oleh keyakinan yang tidak memiliki dasar kenyataan. hal itu tidak rasional, atau dengan kata lain keyakinan dibuat-buat yang Anda gunakan sebagai mekanisme pengaman untuk melindungi Anda dari potensi rasa sakit. Saatnya Anda melepaskan keyakinan ini dan sebaliknya mengganti dengan keyakinan yang rasional yang didasarkan pada kenyataan, dan secepatnya mengambil kembali kontrol atas ketakutan Anda.

Ketidakpastian
Ketakutan adalah rasa ketidakpastian yang Anda miliki tentang hasil dan keadaan di masa depan. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi berikutnya, dan sebagai dampaknya Anda takut pada apapun dan bersembunyi dan menunggu di suatu sudut. Dan untuk melalui ini Anda perlu mendapatkan pengetahuan yang relevan, informasi dan dukungan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak kepastian.
Ketidakpastian adalah tidak lebih dari kurangnya informasi atau perspektif yang Anda miliki tentang sesuatu. Cukup menemukan informasi yang kurang, dan ketakutan Anda ketidakpastian juga akan hilang.

Harapan yang Menyimpang
Ketakutan adalah seperangkat dari sebuah harapan menyimpang yang Anda miliki tentang konsekuensi masa depan. Daripada menggunakan imajinasi Anda untuk menciptakan masa depan yang menakutkan, gunakan imajinasi Anda, untuk berpikir tentang semua hasil positif yang mungkin timbul dari tindakan Anda. Berhentilah mengatakan kepada diri sendiri semua cerita tentang apa yang bisa salah, dan masuk ke dalam kebiasaan mengatakan kepada diri sendiri cerita tentang bagaimana hal-hal yang mungkin bisa membantu Anda.

Kenangan yang Menyimpang

Ketakutan adalah satu set kenangan menyimpang yang Anda miliki tentang pengalaman masa lalu. Anda pada dasarnya menggunakan imajinasi Anda untuk membesar-besarkan peristiwa masa lalu dengan cara yang mempromosikan ketakutan pada saat ini. Justru pilihlah untuk berpikir tentang kenangan Anda yang berbeda-sedemikian rupa sehingga akan membantu menguatkan Anda daripada mengecilkan hati Anda.
 

Bersambung ....
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment

PPC Blogger

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!